Senin, 21 November 2011

Cara Menjadi Marketing Yang Sukses

Sebuah perusahaan besar sekalipun memerlukan marketing dalam mendistribusikan produk-produknya untuk dapat diterima di pasaran. Banyak strategi Marketing yang
dilakukan oleh para Marketer, hal tersebut tergantung pada produk apa yang akan dipasarkannya agar dapat diterima oleh konsumen dan menguasai pangsa pasar yang luas.


Perusahaan telah banyak mengeluarkan dana untuk iklan-iklan baik di media Elektronik, koran, majalah, Internet, billboard, dll. Hal tersebut akan menjadikan pemborosan bagi perusahaan serta banyak iklan-iklan tersebut yang tidak menarik perhatian konsumen dan tidak memberikan informasi yang cukup utk produk yang dipasarkan kepada para konsumen.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Marketing Sukses :

1.  Dapatkan perhatian dari konsumen dengan membuat iklan  yang dapat menarik perhatian mereka dan sanagat powerful, yang akan melibatkan emosi para konsumen Anda. Hal ini tergantung dari produk atau jasa yang akan dipasarkan, serta target market anda, maka headline anda harus menjanjikan dan dapat menyelesaikan problem mereka, atau janjikan untuk membawa mereka pada kesenangan.



2. Setelah mendapatkan perhatian dari konsumen terhadap produk yang Anda pasarkan, maka anda perlu menumbuhkan keyakinan konsumen terhadap anda. Anda harus membuktikan bahwa anda punya solusi terhadap masalah mereka. Buktikan pada konsumen bahwa anda memang cakap di bidang anda dan dapat memecahkan masalah konsumen dengan produk anda, serta buktikan bahwa produk anda akan dapat memenuhi janji kepada konsumen.

3. Produk yang di pasarkan harus memiliki kualitas  yang lebih baik dari para kompetitor. Anda dapat memberikan garansi yang lebih lama dari pada yang diberikan oleh kompetitor. Garansi juga menunjukkan bahwa anda adalah pebisnis yang jujur.

4.  Anda harus memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dalam memasarkan produk, seperti adanya layanan Hotline 24 jam untuk menjawab pertanyaan dari konsumen, dapat melayani individual serta jam pelayanan yang nyaman untuk konsumen. Anda harus memberikan pelayanan yang lebih dari usahakan konsumen dapat menghubungi anda dengan mudah dan aman, hal ini akan memberikan keuntungan yang besar bagi anda.

5.   Apabila konsumen lain mengatakan yang baik tentang anda, maka ini memiliki nilai yang jauh lebih tinggi daripada  yang anda katakan tentang anda sendiri. Testimoni yang dilakukan oleh konsumen lain dapat dijadikan benefit untuk produk dan jasa anda. Semakin banyak testimonial yang anda dapat semakin baik bagi anda.

6. Konsumen harus mendapatkan keuntungan yang biasanya tidak mereka dapat, seperti memberikan Bonus khusus kepada konsumen apabila mereka memberi pada saat itu juga dan anda akan mendapatkan keuntungan dengan menghasilkan penjualan. Apabila Konsumen mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari biasanya, maka anda akan mendapatkan penjualan yang lebih besar juga.
 
Ke enam poin diatas dapat membantu anda menjadi marketing yang sukses dan anda akan secara otomatis mendapatkan respons yang lebih baik dari para konsumen dapat meningkatkan penjualan anda. Seberapa besar respons yang anda dapat, tergantung dari seberapa baik anda mengaplikasikan ke enam poin tersebut di atas.

Salam Sukses........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar